Cara Menanam Semangka Non Biji

 Langkah awal keberhasilan kita dalam budidaya menanam semangka non biji,ditentukan oleh banyak hal walapun Buah semangka salah satu jenis buah-buahan yang cukup mudah untuk dibudidayakan. Kenapa demikian? Karena semangka sangat mudah tumbuh di dataran tanah yang memiliki ketinggian 0-1000 m dpl. Jadi untuk menanam semangka bisa dilakukan di dataran rendah maupun dataran tinggi,karena itu disini saya akan memaparkan langkah-langkah awal dalam Budidaya menanam semangka non biji.      
              
               

      1 Pemilihan Tanah

  Untuk lebih memaksimalkan dalam membudidayakan semangka sebaiknya pilih tanah yang cocok untuk pertumbuhan tanaman semangka ini. Tanah yang baik untuk menanam semangka harus memiliki keasaman tanah pH 5,5-6,5. Tetapi tanaman ini masih bisa tumbuh di bawah pH 5, sehingga tanaman ini dapat tumbuh dilahan gambut.

Tanah yang dipilih untuk penanaman harus yang cukup gembur dan kaya bahan organic, apabila kita sudah dapat menentukan lahan yang akan ditanam, kemudian tanah diolah, seperti biasa halnya sebelum menanam tanaman kita harus membersihkan lahan yang akan diolah kemudian lahan dibajak atau dicangkul.

Setelah dicangkul dengan halus , langkah selanjutnya membuat bedengan dengan panjang sesuai ukuran tanah yang kita miliki tetapi maksimal 100 M, lebar 100 cm,tinggi 25 cm jarak antara bedengan 4-5 M. setelah bedengan siap,belah tanah taburi pupuk dolomit dengan dosis sesuai PH tanah, diberikan pertama kali ,yaitu 7-10 hari sebelum pemupukan dasar lainya ,(tidak boleh bersamaan dengan pupuk kalium)
kemudian kasih pupuk dasar pupuk kandang dengan perbandingan untuk 1 hektar sekitar 75-80 karung, pupuk ZA 100 kg , pupuk NPK 16-16-16 100 kg dan pupuk kcl 200 kg kemudian tutup menggunakan plastik mulsa dengan ukuran 60 cm dan buat jarak per-lubang tanaman 70 cm .

     2 Cara Pembibitan

  Penanaman semangka dilakukan dengan menggunakan 2 benih non biji dan berbiji . Sebelum menjadi benih yang siap ditanam,siapkan plastic polybag dengan media tanah dan pupuk kandang yang steril setelah itu benih disemaikan pertama biji semangka direnggakan supaya mempercepat pertumbuhan akar dengan menggunakan potongan kuku,Panduan lengkap Penyemain biji semangka dapat diposting melalui ; CARA MENYEMAI BIJI SEMANGKA ;tahap selanjutnya rendam biji semangka kedalam air hangat kuku , Campurkan ZPT rendam selama 5 menit,setelah itu angkat dan ditiriskan sampai air tidak mengalir lagi dan bibit siap dikecambahkan setelah biji dikecambahkan ,masukan kedalam plastik polybag dan Letakan plastik polybag berderet agar terkena  sinar matahari. Lakukan pemupukan dilakukan lewat daun supaya cepat berkembang dan pupuk di campur obat.

     3 Cara Penanaman

  Setelah bibit memiliki daun 2 lembar atau berumur 7 hari , maka bibit sudah siap ditanam di lahan terbuka atau kebun dengan jarak tanam antar tanaman 70 cm.
Caranya ;setelah plastik mulsa bibuat lubang ,lubangi juga tanah dengan menggunakan kayu yang dibuat runcing setelah itu sobek bagian bawah plasik polybag usahakan jangan sampai tanah polybag pecah masukan bibit kedalam tanah yang sudah dilubangi tutup menggunakan tanah .

     
4 Cara Pemeliharaan Tanaman

  Dalam proses pemeliharaan tanaman ada beberapa tahapan pemeliharaan yang umum diberikan, diantaranya proses penyiraman, penyulaman, pemupukkan, dan terakhir penyerbukan .

 Penyiraman pada tanaman semangka menjadi faktor penting karena itu penyiraman sebaiknya dilakukan 3 hari sekali waktu musim panas tergantung cuaca saat kita menanam semangka .
 Penyulaman sebaiknya dilakukan secara rutin 3 hari setelah penanaman supaya tanaman yang kita tanam menjadi seimbang .
 Pemupukan yang diberikan pada tanaman semangka menggunakan media plastik mulsa sebaiknya diberikan 4 hari sekali mulai semangka berumur 5 HST sampai umur 55 HST dan dosis yang digunakan tergantung umur tanaman .

 1 Pada tanaman umur 5-15 HST diberi pupuk NPK 16-16-16 dengan dosis 5-10 Gram/tanaman, dilarutkan  dengan air 300 ML air ,Dikocor dipangkal batang .

 2 Umur 15-25 HST diberi pupuk ZA, KCL,NPK 16-16-16 dengan dosis 15-50 G/tanaman, dilarutkan kedalam 500 ml air dikocor antara 2 batang tanaman,  

 3 Umur 25- 35 HST.diberi pupuk ZA, KCL,NPK 16-16-16 dengan dosis 70-100 G/tanaman,dilarutkan kedalam 500 ml air dikocor antara 2 batang tanaman,

 4 Terakhir umur 35-55 HST Diberi pupuk KCL, NPK 16-16-16 dengan dosis 100-150 Gram/tanaman,dilarutkan kedalam 1 liter air dikocor antara 2 batang tanaman .

 Peyerbukan pada semangka non biji dilakukan pada umur 30 HST selama 10 hari , tetapi perlu diketahui penyerbukan pada tanaman semangka non biji harus melalui bantuan manusia karena semangka non biji berbeda dengan semangka biji yang penyerbukan dilakukan oleh lebah ,penyerbukan dilakukan pada pagi hari denggan mengambil bunga dari semangka berbiji kemudian usapkan pada bunga semangka non biji .

 Setelah masa penyerbukan selesai kita tinggal menunggu hasil panen potensi keberhasilan tergantung bagaimana kita merawat tanaman semangka yang kita tanam potensi hasil per 1 hektar mencapai 22 ton X harga didaerah kami normal berkisar Rp 2000 .

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Menyemai Biji Semangka

Manfaat Alat Modern Pada Pertanian

Panduan Lengkap Menanam Semangka Non Biji Media Mulsa