Panduan Lengkap Menanam Semangka Non Biji Media Mulsa

1 Mengukur keasaman dan PH dalam tanah

Sebelum melangkah lebih jauh tentang langkah menanam semangka , tentukan dulu tingkat keasaman tanah dan juga tingkat kesuburan tanah ,karena semua itu sangat mempengaruhi tingkat keberhasilan kita dalam menanam semangka .Apabila ph tanah telah diketahui terlalu rendah dapat dinaikan dengan penggunaan kapur dolomit sebaliknya bila ph terlalu tinggi dapat diturunkan dengan penggunaan belerang .

2 Pengolahan Tanah

Pengolahan tanah dapat menggunakan cangkul ataupun menggunakan traktor singkal tergantung luas lahan yang akan kita tanami .Buatlah bedengan dengan jarak 5 M dengan ukuran lebar 100 cm tinggi 25 cm dan panjang disesuaikan kondisi lahan .Setelah terbentuk bedengan  belah tanah menggunakan cangkul setelah itu taburi kapur dolomit atau belerang tergantung ph tanah ,penaburan tadi bisa sama-sama dengan pupuk kandang dan juga pupuk kimia setelah selesai tutup tanah , diamkan sekitar 1 minggu tetapi bila sudah terkena hujan bisa langsung tutup dengan menggunakan plastik mulsa ,pasang juga selang drip dibawah plastik mulsa untuk pengaliran air bila tanaman sudah ditanam .

3Menyemai Biji

Menyemai biji semangka sangatlah mudah tetapi bila tidak dilakukan dengan benar akan terjadi kegagalan dalam menyemai seperti :Banyak yang tidak berkecambah ,Benih menjadi kerdil dll . Siapkan plastik polybag yang sudah terisi tanah dengan ukuran 4x6 cm,Letakan juga ditempat yang terkena sinar matahari langsung .Setelah selesai pecahkan biji semangka menggunakan gunting kuku jepit dengan menggunakan tengah-tengah gunting kuku sampai terdengar "Tik" lakukan dengan hati-hati ,setelah selesai rendam biji tadi dengan air hangat kuku selama 10 menit lalu tiriskan,setelah ditiriskan masukan kedalam kain yang agak basah lapisi sampai 5 bagian agar biji tetap hangat.Waktu yang dibituhkan 1 hari 2 malam sehingga biji menjadi berkecambah dan siap dipindahkan kedalam plastik polybag .Didalam plastik polybag masih harus ditutup menggunakan daun dan plastik yang masih rapat sekitar 2 hari 1 malam , setelah itu waktu yang dibutuhkan 7 hari dari awal memasukan biji kedalam plastik polybag dan bibit siap dipindahkan ke lahan terbuka .

4 Penanaman Kelahan Terbuka

Sebelum bibit ditanam lubangi plastik mulsa dengan jarak 70 cm, setelah selesai lubangi juga tanah menggunakan kayu yang dibuat runcing diujung .Masukan bibit tadi kedalam lubang tetapi sebelum itu robek plastik polybag tadi dengan pelan-pelan ,usahakan jangan sampai tanah polybag pecah karena akan mempengaruhi pertumbuhan tanaman semangka lalu tutup dengan tanah lagi .

5 Penyulaman Tanaman

Penyulaman dilakukan setelah selesai penanaman ,kontrol tanaman setiap hari agar lebih cepat dalam mengetahui kondisi tanaman ,ganti tanaman yang mati atau pertumbuhanya kurang dengan bibit baru.

6 Pengaliran Air

Pengaliran air pada tanaman semangka media mulsa sebaiknya pada umur 1 - 20 HST dilakukan pengaliran air 3 hari 1x tetapi setelah umur 21 - 60 HST sebaiknya 2 hari 1x tetapi semua juga di kondisikan tergantung cuaca atau musim saat kita menanam .

7 Penyemprotan

Penyemprotan dapat dikondisikan pada cuaca karena tanaman semangka setelah hujan harus kita lakukan penyemprotan supaya terhindar dari penyakit .Penyemprotan bisa menggunakan INSEKTISIDA ,FUNGISIDA ataupun PUPUK DAUN tergantung kebutuhan tanaman semangka .

8 Pemupukan

Pemupukan pada tanaman semangka tergantung umur tanaman,pupuk yang digunakan KCL,NPK 16-16-16,ZA,KNO dan juga PHOSKA PLUS . Pada umur 5-28 HST sebaiknya dikocor , semakin umur sebaiknya dosis yang digunakan bertambah .Pada umur 15 HST dilakukan pemupukan samping mulsa untuk cadangan pada waktu masa penyerbukan karena tanaman semangka tidak boleh dikocor pupuk .

9 Penyerbukan

Penyerbukan hanya dilakukan bila yang kita tanam adalah semangka non biji karena itu kalau kita menanam semangka non biji kita juga harus menanam semangka berbiji tetapi cukup 10 persenya saja ,Penyerbukan dilakukan pada pagi hari sekitar jam 6 sampai jam 10 dengan cara memetik bunga jantan dari semangka berbiji kemudian kumpulkan sebanyak mungkin kedalam wadah tertutup , setelah itu oleskan pada bunga betina pada semangka non biji .Untuk 1 bunga jantan hanya bisa untuk maksimal 3 x oles bunga betina tetapi semua tergantung kondisi .

10 PEMANENAN

Panen adalah saat -saat yang ditunggu oleh para petani,hasil yang kita dapat tergantung bagaimana perlakuan kita terhadap tanaman yang kita tanam .Cara panen sebaiknya setelah jam 9 pagi supaya buah semangka kering dari embun pagi dan juga petik buah dengan tangkainya agar buah semangka awet dalam penyimpanan .

Komentar

  1. Halo Bossku ^^
    Segera Daftarkan ID di ibu21,com
    Menyediakan 8 Permainan Hanya Dengan 1 ID
    Serta Tersedia Promo Menarik
    Bonus Turn Over Terbesar
    Bonus Refferal Seumur Hidup
    Minimal Deposit Hanya 25Rb
    BBM : csibuqq
    WA : +855 88 780 6060
    Di Tunggu Kehadirannya Bossku ^^

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Menyemai Biji Semangka

Manfaat Alat Modern Pada Pertanian