Cara Menyemai Biji Semangka


Cara Menyemai Biji Semangka Non Biji

Sifat dasar semangka non biji adalah memiliki cangkang yang keras sehingga untuk penyemaian cangkang harus dipecahkan terlebih dahulu .

Langkah dan tahapan dalam menyemai biji semangka  :

1 Siapkan tanah yang telah dicampur pupuk kandang dengan perbadingan 2 : 1 .
2 Siapkan plastik polybag  dengan ukuran 4 x 6 cm lubangi bagian bawah plastik .
3 Masukan tanah yang telah dicampur pupuk kandang kedalam plastik polybag .
4 Letakan polybag dibawah panas matahari langsung dan susun berurutan .
5 Pecahkan biji semangka dengan pemotong kuku gunakan bagian tengah , Jepit biji semangka menggunakan bagian tengah pemotong kuku , lakukan dengan hati-hati dan tekan sampai terdengar suara "TIK" .(Lihat gambar)
Sppertanian
6 Usahakan pemecahan cangkang tidak pecah seluruhnya supaya tidak merusak daging biji semangka karena pemecahan bertujuan merenggangkan tempat tumbuhnya akar agar mudah dalam proses berkecambah . 
7 Setelah selesai rendam biji semangka kedalam air hangat kuku selama 5 sampai 10 menit lebih   bagus lagi campur dengan ZPT .
8 Tiriskan biji semangka setelah selesai letakan biji didalam kain yang sudah dibasahi tetapi jangan terlalu basah peras hingga tidak mengeluarkan air .Lapisi hingga beberapa lapis kain agar biji semangka tetap hangat .
9 Biji semangka akan berkecambah dalam waktu 1 hari  2 malam setelah berkecambah biji semangka siap dipindahkan kedalam polybag .
10 Lubangi tanah dalam plastik polybag masukkan biji kedalam satu per satu plastik polybag setelah selesai siram dengan air dan taburi  INSEKTISIDA tutup menggunakan daun pisang  dan plastik mulsa timbun bagian samping menggunakan tanah .
11 Setelah 2 hari 1 malam buka penutup tadi ganti dengan plastik bening dan buatkan penyangga bambu melengkung agar bibit semangka terkena sinar matahari tidak langsung  .
12 Siram bibit tiap pagi dan sore hari , Jangan lupa buang kulit cangkang yang menempel pada calon daun setelah 3 hari lakukan penyemprotan pada bibit semangka menggunakan FUNGSIDA dan          pupuk daun  supaya cepat pertumbuhanya .
13 Setelah 7 hari bibit semangka siap dipindahkan kelahan terbuka .

Itulah langkah dan tahapan dalam menyemai biji semangka , keberhasilan dalam menyemai tergantung kita dalam pemeliharaan sehari-hari .

Komentar

  1. Halo Bossku ^^
    Segera Daftarkan ID di ibu21,com
    Menyediakan 8 Permainan Hanya Dengan 1 ID
    Serta Tersedia Promo Menarik
    Bonus Turn Over Terbesar
    Bonus Refferal Seumur Hidup
    Minimal Deposit Hanya 25Rb
    BBM : csibuqq
    WA : +855 88 780 6060
    Di Tunggu Kehadirannya Bossku ^^

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Manfaat Alat Modern Pada Pertanian

Panduan Lengkap Menanam Semangka Non Biji Media Mulsa